Hacker Paling Dicari Di Dunia Berkat Aksi Mereka

Hacker Paling Dicari Di Dunia Berkat Aksi Mereka

Kata hacking dan cracking jelas bukan kata yang asing lagi di dunia serba digital seperti sekarang ini. Bisa dikatakan perkembangan teknologi yang semakin pesat, berbanding lurus dengan munculnya para pelaku hacking dan cracking. Istilah untuk seorang pelaku hacking disebut dengan hacker, sedangkan untuk pada pelaku cracking disebut dengan cracker.

Mengenai perbedaan antara hacker dan cracker, dikatakan bahwa sebetulnya saja. Secara umum cracker adalah hacker juga tetapi aksi-aksi yang dilakukan cenderung merugikan orang lain seperti melakukan tindak kejahatan digital.

Hacker Terkenal Yang Diburu Dunia Internasional

Hacker Paling Dicari Di Dunia Berkat Aksi Mereka

Dari sekian banyak  hacker yang ada di dunia saat ini, beberapa diantaranya telah melakukan suatu aksi yang luar biasa fenomenal. Saking fenomenal dan menggemparkan aksi yang dimaksud itu, beberapa organisasi resmi suatu negara bahkan sampai memburunya. Itulah mengapa sempat beredar tentang daftar nama hacker paling dicari dari seluruh penjuru dunia. Dari nama-nama dalam daftar yang dimaksud itu beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Dmitry Aleksandrovich Dokuchaev

Dari namanya tentu banyak orang yang sudah pasti tahu bahwa Dmitry Aleksandrovich Dokuchaev ini berasal dari Rusia atau paling tidak berdarah Rusia. Dan benar saja, Hacker satu ini memang ber-kewarganegaraan Rusia. Ia mulai dicari akibat aksi pembajakan akun Yahoo yang ia lakukan hingga membuatnya dicari oleh FBI.

Salah satu agen mata-mata FBI sangat yakin kalau Dmitry adalah bagian dari kelompok besar yang beroperasi di bawah kendali pemerintahan Rusia. Itulah sebabnya, identitas asli hacker yang satu ini amat sulit untuk dilacak sampai-sampai tidak ada rekam jejaknya di internet sama sekali.

  • Vladimir Laden

Hacker berikutnya yang juga paling dicari di seluruh belahan dunia bernama Vladimir Laden. Sedikit berbeda dibandingkan dengan Dmitry Aleksandrovich Dokuchaev, Laden adalah hacker yang bekerja tidak dibawah naungan siapa pun. Artinya hacker yang satu ini bekerja atas kehendak pribadinya sendiri dalam melakukan suatu tindakan.

Karena bekerja sendiri tanpa ada yang menaungi jelas keuntungan yang didapatkan murni menjadi miliknya sepenuhnya. Seperti hasil ia membobol Citibank dan berhasil meraup uang senilai 400 ribu dollar AS pada tahun 1994 lalu. Sebagai hacker, tentu ia hanya perlu melakukan sambungan alias ter-koneksi dengan internet untuk bisa melancarkan aksinya.

  • Kevin Mitnick

Lain dari kedua hacker sebelumnya, Kevin Mitnick menjadi salah seorang hacker yang juga paling dicari di dunia internasional akibat aksinya membajak perusahaan top global. Perusahaan top global yang berhasil ia tembus keamanan digitalnya antara lain IBM, Nokia, sampai keamanan internasional yang dimiliki Amerika Serikat.

Yang unik, Mitnick sudah menjadi hacker pemula sejak usianya masih amat belia atau tepatnya sejak berusia 16 tahun. Saat itu, Mitnick membuat suatu alat yang dapat dipakai untuk mennaik kendaraan umum tapa perlu membayar alias gratis. Saat dirinya tertangkap oleh FBI, Mitnick mengaku bahwa menjadi seorang hacker bukanlah untuk mencari keuntungan untuk pribadi semata tetapi cuma sekedar penasaran semata.

  • Alexsey Belan

Nama lain yang masuk daftar hacker paling dicari di dunia yaitu Alexsey Belan. Pasalnya lelaki asal Latvia tersebut diduga merupakan anggota dari suatu organisasi yang juga sama dengan Dmitry Aleksandrovich Dokuchaev.

Peretasan terhadap Ratusan ribu akun Yahoo juga merupakan salah satu hasil kerja dari Belan bersama dengan Dmitry. Sampai sekarang, keberadaan Belan masih menjadi misteri yang tak kunjung terpecahkan. Tetapi kabarnya pihak FBI pernah melihat Belan ini berada di sekitar wilayah Krasnodar, Rusia.

  • Adrian Lamo

Dibandingkan dengan para hacker sebelumnya yang masuk dalam daftar hacker paling dicari dunia, nama Adrian Lamo termasuk yang paling sulit dicari. Pasalnya hacker yang satu ini dikenal suka seklai berpindah tempat dalam kurun waktu yang singkat. Sehingga jejaknya menjadi amat sulit untuk diikuti.

Selama sepak terjangnya di dunia hacking, Lamo dikatakan pernah meretas media terkenal asal Amerika Serikat, yaitu New York Times, dan juga beberapa dokumen paling rahasia milik pemerintah.

Hacker yang juga dijuluki dengan julukan homeless hacker ini mengaku memperoleh keuntungan hingga mencapai 6.500 dollar Amerika saat akhirnya dirinya berhasil dibekuk dan dijebloskan ke penjara setempat.

Hacker Yang Bahkan Tak Diketahui Namanya

Hacker Paling Dicari Di Dunia

Nama-nama hacker di atas memang dikatakan cukup sulit untuk diidentifikasi keberadaannya meski beberapa diantaranya juga berhasil ditangkap. Tetapi nyatanya ada cukup banyak hacker lainnya yang juga dicari dunia namun identitasnya saja tidak diketahui.

Karena tidak adanya identitas itulah yang membuat pemburuan terhadap hacker-hacker yang dimaksud itu tidak dapat dilakukan. Padahal sejumlah aksi besar sepat dilakukan seperti meretas situs resmi kementerian pertahanan Amerika, membuat down server suatu situs terkenal dunia dan masih banyak lagi aksi lainnya. tidak heran jika inisiatif untuk merekrut para hacker untuk dijadikan garda pertahanan digital sempat diutarakan banyak pihak.

Tagged :